Sepatu Diabetes, solusi Kaki Diabetes yang Busuk

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sepatu Diabetes sebagai solusi Kaki Diabetes yang telah Busuk

Kaki Gangrene yang membusuk karena penyakit diabetes

Diabetes Mellitus atau yang biasa disebut kencing manis atau penyakit gula merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita belakangan ini. Diabetes Mellitus adalah suatu keadaan dimana tubuh kita tidak mampu lagi mengatur kadar gula dalam darah. Akibatnya, glukosa atau gula yang seharusnya sampai pada sel-sel tubuh justru tercampur dalam aliran darah, atau bias juga ikut terbuang bersama urin.

sepatu diabetes

Diabetes Mellitus dibagi menjadi dua jenis, yakni :

Diabetes Tipe I, yakni kondisi dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin, padahal keberadaan insulin sangat penting untuk membantu mengatur gula darah. Nah, pada kondisi ini, maka penderita DM tipe I ini butuh suntikan insulin setiap hari untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Diabetes Mellitus tipe I ini umumnya menimpa pada anak-anak dan para remaja yang nantinya dapat berkembang sangat cepat.

Diabetes Tipe II, yakni suatu kondisi dimana pancreas mampu memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak mampu merespon keberadaan insulin dengan normal. Diabetes tipe ini umumnya terjadi akibat obesitas, kasus kehamilan, dan pada orang dewasa.

Gejala Diabetes Mellitus

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat serta kurangnya olahraga menjadi factor utama penyebab penyakit Diabetes Mellitus. Seseorang bisa dikatakan positif terkena DM apabila kadar gula dalam darahnya berada diatas 126 mg/dl dalam kondisi puasa atau 200 mg/dl apabila dalam kondisi tidak puasa. Beberapa gejala DM, antara lain : dehidrasi, sensasi haus yang terus menerus, frekuensi kencing meningkat, merasa lelah, berat badan turun, mata kabur, dan lain sebagainya. Meskipun beberapa gejala bisa dikenali sebagai gejala DM, namun sayangnya banyak orang justru tidak menyadari atau bahkan mengabaikan hingga kasusnya menjadi kronis. Nah, agar tidak terlambat, lakukan tes darah dan urin, karena ini merupakan satu-satunya cara yang akurat untuk mendeteksi kadar gula darah seseorang.

Siapa sajakah yang beresiko terkena Diabetes Mellitus?

  • Keturunan diabetes
  • Obesitas
  • Hipertensi
  • Penderita TBC, jantung koroner, dan hipertiroidisme
  • Hamil dengan DM

Komplikasi Diabetes Mellitus

Deteksi terlambat pada penderita DM dapat berakibat munculnya komplikasi pada penderita, antara lain : kebutaan, penyakit ginjal, penyakit jantung, gangguan saraf dan kulit, gangguan pembuluh darah kecil dan besar, dan pembusukan pada kaki atau gangrene.

Mungkin Anda masih bingung, Mengapa kaki orang diabetes bisa busuk? Gangrene merupakan salah satu gejala turunan dari DM yang sering disebut sebagai penyakit pembuluh darah tepi. Penyakit tersebut dimulai adanya penyumbatan pembuluh darah, terutama di bagian kaki. Tersumbatnya pembuluh darah mengakibatkan aliran darah menurun dan berkurangnya kadar oksigen dalam darah sehingga mengakibatkan kaki tidak bisa berfungsi dengan baik, misalnya mati rasa atau baal.

Kemudian, pada daerah kaki tersebut akan muncul luka. Pada awalnya luka tersebut berwarna merah, berubah menjadi cokelat dan kondisi terparah akan berubah menjadi kehitaman dan berbau busuk akibat bakteri. Jadi, mengapa kaki orang diabetes bisa busuk? Karena aliran darah pada kaki yang tidak lancar, sehingga proses penyembuhan menjadi terhambat. Agar tidak terjadi gangrene, penderita DM harus memperlakukan kaki dengan baik dan memperhatikan perubahan yang terjadi, misalnya jamuran, kapalan, gatal, dan lain sebagainya. Yang pasti, jangan pernah membiarkan luka sekecil apapun pada kaki, segera lakukan pengobatan dan periksakan diri Anda ke dokter.

Di klinik khusus diabetes terdapat terapi bagi yang sudah mengalami kaki Gangrene, yaitu dengan menggunakan Terapi Ozon Bagging. Dimana kaki dikompres dalam bejanan plastik untuk pembersihan dan pengobatan kaki Gangrene. Tujuan dari terapi ini adalah membantu menumbuhkan jaringan kulit yang rusak atau yang telah membusuk sehingga luka bisa tertutup. Selain itu Ozone yang memiliki kandungan O2 juga dapat membantu memperlancar aliran darah agar jaringan kaki tidak terjadi pembusukan. Segera lakukan terapi ke klinik diabetes terdekat ya.

untuk kaki diabetes yang sudah membusuk, bisa menggunakan sepatu diabetes ataupun sandal diabetes JOP. sebagai salah satu pilihan yang efektif, karena dengan menggunakan sepatu dibaetes ini, bagaian kaki anda yang telah membusuk tika akan terkena sepatu atau tidak berfungsi sebagai bidang tumpu. dan berat badan pada kaki akan di distribusikan merata ke sulurah telapak kaki, keculai bagian bagian yang terdapat luka.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *