Gejala Gatal pada Diabetes dan cara mengatasi nya

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Gejala Gatal pada Diabetes dan cara mengatasi nya

gejala awal kaki diabetes

Gejala gatal pada diabetes merupakan salah satu gejala diantara gejala lain yang bisa membuat hidup penderita diabetes menderita. Ada beberapa gejala diabetes yang harus Anda ketahui diantaranya; banyak kencing terutama di malam hari, koordinasi anggota gerak yang semakin tidak terkendali, mudah lapar dan haus, mudah mengantuk terutama setelah makan, berat badan yang terus menurun, sering pusing dan mual, dll.

Gejala Gatal pada Diabetes: Apa yang Harus Dilakukan?

Sementara itu untuk gejala gatal pada diabetes biasanya disertai dengan seringnya kesemutan pada tangan dan kaki. Untuk gejala yang satu ini, penderita harus sangat berhati-hati dalam menanganinya. Jika pada orang normal, gatal yang muncul bisa diatasi dengan menggaruknya, maka pada penderita diabetes, menggaruk akan menjadi hal yang sangat tidak disarankan. Pada penderita diabetes, kemunculan luka bisa berakibat fatal. Luka yang muncul akibat tergores atau garukan bisa melebar dan sulit disembuhkan. Dan jika luka yang besar sudah terjadi, penanganan yang kurang tepat bisa menyebabkan luka tersebut malah lebih melebar dan membusuk. Dalam kondisi seperti ini, salah satu pilihan penyembuhan yang terbaik adalah amputasi.

Oleh karena itu, jika Anda merupakan salah satu penderita diabetes, dalam level apapun, Anda harus benar-benar bisa menahan diri untuk tidak menggaruk rasa gatal yang muncul. Anda bisa mengatasinya dengan memberi bedak tabur atau minyak yang bisa mengurangi rasa gatal yang muncul. Selain itu, Anda harus tau bahwa gejala gatal pada diabetes biasa muncul di malam hari. Ini bisa jadi berbahaya karena dalam keadaan tidak sadar (tidur), Anda bisa saja menggaruk dan menimbulkan luka di bagian yang gatal tersebut. Lalu, apa yang harus dilakukan jika itu terjadi?

Menangani Luka Bekas Garukan pada Diabetes

Pertama, Anda harus segera menutupnya dengan pembalut luka yang mengandung antibiotik. Jika luka yang ditimbulkannya cukup besar, Anda harus mengganti pembalut luka tersebut tiap 2 hari sekali. Jangan memberi laruan, cairan, atau minyak apapun pada luka, karena obat yang salah hanya akan membuat luka semakin menyebar. Selain itu, untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat adalah dengan segera membawanya ke dokter. Bagi penderita diabetes, kemunculan luka bisa sangat berbahaya. Apalagi jika penanganannya dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar hati-hati dalam penanganannya. Jika gejala gatal pada diabetes sudah mulai Anda rasakan, pastikan Anda bisa lebih hati-hati dan bisa mengendalikan diri untuk tidak menggaruknya.

jika pada bagian yang sudah terlanjur di garuk terdapat luka, alangkah baik nya anda menggunakan sandal atau sepatu diabetes JOP, agar kaki anda nyaman dan aman saat digunakan untuk beraktifitas

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *